making a gif

Selasa, 07 Juni 2011

Sarapan Cepat Dan Sehat

Sarapan Cepat dan Sehat.
Sarapan, mana sempat? Eits, jangan buang kesempatan untuk memiliki tubuh langsing. Kalu sibuk, pilih saja menu fast breakfast.

Kesiangan, jalanan yang macet, atau rapat mendadak memang berpotensi membuat kita kehilangan waktu sarapan. Bahkan, ada yang menggabungkannya dengan makan siang dengan alasan sedang diet. Padahal, sarapan merupakan salah satu faktor penting untuk mendapat tubuh langsing.


Para peneliti dari Harvard Medical School menemukan, resiko terkena obesitas akan menurun 3 kali lipat bila kita rutin menyantap sarapan pagi. Sedangkan penelitian American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan, sarapan membuat seseorang cenderung memilih makanan berkualitas baik dan rendah kalori pada jam makan siang.

Jadi, ingin langsing dan sehat, jangan lupakan sarapan. Tak memiliki banyak waktu? Menu sarapan lezat, cepat dan sehat ini bisa anda temukan dalam perjalanan menuju kantor.

MENU 1 : OMELETTE

Photobucket


Jangan lupa untuk memasukkan telur ke dalam menu sarapan pagi. Sebuah studi yang terdapat dalam Nutrition and Food Science menunjukan, ada 71 jurnal yang telah menguji manfaat telur bagi seseorang yang sedang diet. Hasilnya, mengonsumsi satu hingga dua butir telur setiap hari bisa meningkatkan kesehatan dan mencegah obesitas. Ahli diet Dr. Carrie Ruxton mengatakan, telur adalah makanan padat, gizi yang kaya akan protein dan omega-3.
Walau menempati peringkat pertama makanan berkolesterol tinggi, hasil survei Dinas Kesehatan Amerika Serikat menemukan, perempuan yang mangonsumsi satu telur setiap hari memiliki kemungkinan terkena penyakit jantung paling rendah.

MENU 2 : TUNA SANDWICH

Photobucket

Panganan yang satu ini bisa menjadi sumbangan gizi yang berarti bagi tubuh. Pilihan roti dan croissant memberikan sumbangan karbohidrat kompleks yang bisa memberikan energi bagi tubuh untuk menjalankan aktivitasnya. Sedang sayuran yang terdiri dari tomat, selada dan mentimun bisa memberikan asupan serat, vitamin A dan C, dan mineral yang membuat kita kenyang lebih lama. Oh iya, selembar keju juga bisa memjadi nutrisi baik bagi otak dan menambah asupan kalsium.
Eits, walau menu ini sehat, anda juga perlu lho mengatur banyaknya. Setengah potong sandwich (satu tangkup roti) isi tuna atau telur dengan beragam sayuran bisa menjadi pilihan tepat.

MENU 3 : PANCAKE

Photobucket

Perlu suntikan energi agak lebih bersemangat mengerjakan laporan, sarapan menu pancake bisa menjadi pilihan. Disajikan hangat dengan sedikit tambahan butter dan madu, hmmm...lezat. Tepung, susu, telur dan sedikit gula bisa memberikan sumbangan karbohidrat, protein, dan lemak yang akan menghasilkan energi tinggi.
Dua lapis pancake, setengah senduk teh butter, serta satu sendok makan madu atau sirup merupakan takaran yang tepat. Secangkir teh hangat tanpa gula bisa menjadi teman minum. Seperti ditulis dalam jurnal Times of India, mengonsumsi makanan manis di pagi hari bisa meminimalisir kecenderungan seseorang untuk makan makanan yang mengandung lemak berlebih di siang harinya.

MENU 4 : HOT CHOCOLATE

Photobucket

Sedang tidak mood makan bukan alasan untuk tidak sarapan sama sekali. Jika makanan tidak menggairahkan, gantilah dengan minuman. Satu gelas hot chocolate bisa memberikan sumbangan energi bagi tubuh. Selain praktis, anda bisa menikmatinya dalam perjalanan menuju kantor. Manisnya coklat juga mampu memperbaiki mood yang kusut. Sedang susu merupakan sumber protein dan kalsium yang bisa menutrisi tulang dan otak.

TIPS: agar tidak bosan, gonta ganti menu sarapan setiap hari

(Sumber : Chic Magazine. Edisi 86)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar